Sabtu, 12 Mei 2012

Dasar Code Igniter

        Saya disini akan menjelaskan tentang Code Igniter, tapi sebelum itu Saya akan menjelaskan tentang Framework
Framework adalah sekumpulan perintah/fungsi dasar yang dapat membantu dalam menyelasaikan proses=proses yang lebih kompleks , menangani berbagai masalah dalam pemrograman seperti  Koneksi ke database, pemanggilan variabel dll. Sehingga developer dapat membangun aplikasi dengan cepat. Fungsi-fungsi standar yang telah tersedia dalam suatu framework adalah fungsi enkripsi, session, security, manipulasi gambar, grafik, validasi, upload, template dll.

Macam-macam Framework PHP :

  • Cake PHP
  • Code Igniter
  • Symfony
  • Zend
  • Yii
  • Kohana
perlu diketahui framework menggunakan konsep yang sama dalam membangun aplikasi, yaitu konsep MVC (Model View Controller). Jika saya gambarkan kira-kira seperti ini :
      Input > Processing > Output : Model > View > Processing


Code Igniter (CI) adalah aplikasi open sourch yang berupa framework dengan model (MVC) untuk membuat website dinamis dengan menggunakan PHP. Code Igniter memudahkan developer untuk aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.
Dengan Code Igniter ini kita dapat membangun apalikasi apa saja seperti, web, blog, online store (shopping cart) , sistem akademik, sistem rumah sakit, dan sebagainya.
          Pertama-tama kita akan belajar dasar instalasi Code Igniter, Anda memerlukan web server dengan PHP terbaru dan database MySQL, dan bisa Anda dapatkan dengan menginstal XAMPP.
disini saya tidak membahas instalasi Xampp, Anda bisa mencarinya di Google.
          Setelah kita menginstal dan mengaktifkan web server dengan XAMPP. Downloadlah terlebih dahulu http://CodeIgniter.com/downloads/ Ekstrak file hasil download CodeIgniter tersebut sehingga didapatlah sebuah folder dengan nama CodeIgniter_2.1.0.zip. Rename Folder tersebut dengan nama aplikasi yang Anda inginkan, misalnya kita rename dengan 'belajar'. lalu copy-paste folder tersebut ke folder htdocs XAMPP.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar